Tingkatkan Penguasaan IPTEK di BUMDes Sagea Mandiri, Pemdes Buat Pelatihan

TNews, Halteng – Pemerintah Desa Sagea dan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Salloy Computer sukses menyelenggarakan pelatihan demi meningkatkan tata kelola Badan Milik Desa (BumDes) Sagea Mandiri, Desa Sagea, Kecamatan Weda Utara, Halmahera Tengah (Halteng), pada Sabtu (27/1/2024).

Koordinator pelatihan, Sarmin Muslim mengatakan pentingnya pelatihan tersebut supaya bisa meningkatkan kemampuan analisis, efisiensi pengolahan data dan laporan keuangan berbasis informasi digital bagi pengurus BUMDes dalam merevitalisasi tata kelola BUMDes Sagea Mandiri.

“Intinya kita ingin meningkatkan tata kelola BUMDes yang terintegrasi dengan teknologi dan informasi digital sebagai wujud revolusi industri 5.0,” ungkapnya.

Menurut Sarmin, desa sebagai eksekutor program pemerintahan sehingga penguasaan di bidang IPTEK sangat diperlukan.

“Perangkat desa sampai pengurus BUMDes wajib mempunyai keahlian dalam bidang IPTEK, sehingga memudahkan desa untuk melaksanakan program yang telah direncanakan,” Kata Bendahara Desa Sagea.

Berlangsung di kantor Desa Sagea, mewakili pemerintah desa, Sekretaris Desa Sagea, Bustamin Ibrahim, menyampaikan dukungan atas kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas pengurus BUMDes Sagea Mandiri.

“Kegiatan pelatihan ini sangat penting dilakukan untuk mewujudkan visi dan misi Halmahera Tengah, dimana desa sebagai support sistem dalam menjalankan program pemerintah,”ucapnya.

Dia berharap melalui pelatihan peningkatan kapasitas ini menjadi salah satu motor pertumbuhan ekonomi desa melalui layanan umum dan mengoptimalkan asset desa, serta menjadi roll model sebagai desa mandiri.

Pada kesempatan yang sama, mewakili LKP Salloy Computer, Suratman S. Naim mengapresiasi Pemerintah Desa Sagea yang telah bekerja sama dengan LKP.

“Mewakili tim Pimpinan Lembaga, Pak Akram H. Yusuf, kami juga berterima kasih atas kepercayaan kepada kami sebagai narasumber dalam kegiatan pelatihan,”Katanya.

Suratman mengaku pihaknya akan memberikan yang terbaik. Adapun materi yang disampaikan berhubungan dengan kerja BUMDes seperti aplikasi laporan keuangan BUMDes berbasis VBA-Excel, aplikasi katalog penjualan produk BUMDes, dan pemasaran produk BUMDes. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *