Kades Wasile diduga Kongkalikong Dengan Kontraktor Soal Jalan Tani

Kantor Kepala Desa Wasile Halmahera Timur

TNews, Haltim– Kepala Desa (Kades) Wasile, Ronaldo Humati dicurigai kuat telah menyalahgunakan kewenangannya sebagai pejabat di Desa.

Pasalnya, proyek Jalan Tani dibiayai langsung melalui Dana Desa senilai Rp. 250 Juta dianggarkan di tahun 2023 kemarin, diduga dipergunakan tidak sesuai peruntukannya.

Dan itu dibenarkan oleh Ronaldo selaku Kades setempat, usai ditemui di kediamannya, Pada Rabu, (1/31/24).

Ia tak menampik, proyek jalan Tani di desanya dikerjakan oleh kontraktor bernama Hendra, kini proyek tersebut telah dirampungkan.

“Proyek jalan tani sudah selesai tahun 2023 kemarin, yang kerjakan kontraktor, ” Ujarnya.

Ia menyebutkan, alasan dirinya lantas mempergunakan kontraktor, dikarenakan pekerjaan tersebut tak bisa dikerjakan oleh warganya. “Saya pakai kontraktor, karena warga belum bisa kerja ini, “Sebutnya.

Ketika disinggung soal nama perusahaan mengerjakan proyek pekerjaan jalan tani diketahui menghabiskan anggaran ratusan juta itu, dirinya beralasan sudah lupa. “Saya sudah lupa nama kontraktor nya,”Ucapanya.

Meskipun demikian diketahui dikerjakan oleh Kontraktor, Ia mengklaim warga juga turut dilibatkan disaat dilakukan penimbunan tanah. “Kalau penimbunan tanah warga, “Pungkasnya.

Sementara itu, dilansir www.menpan.go.id, kementerian Desa malahan justru mewanti-wanti kepada seluruh kepala Desa, agar semua proyek didanai melalui dana desa tidak boleh memakai kontraktor.

Kalaupun dipaksakan pakai kontraktor diluar swakelola nanti akan berurusan dengan penegak hukum. (amat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *